Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Jokowi Angkat Bicara Soal Isu Utang Negara



Permasalahan hutang negara yang sudah tembus Rp. 4,034 triliun menjadi sasaran embuk bagi pihak oposisi untuk terus menyerang Presiden Joko Widodo menjelang pelaksanaan Pilpres 2019 mendatang.
Bahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat melontarkan kritik atas utang Indonesia saat ini. Prabowo menyatakan total utang sampai saat ini hampir mencapai Rp 9.000 triliun. Jumlah itu merupakan gabungan seluruh komponen seperti utang pemerintah, utang BUMN, ditambah dengan utang lembaga keuangan.
Presiden Joko Widodo dengan tegas mengatakan jumlah utang yang dimiliki Indonesia saat ini bukan karena dirinya, melainkan sudah ada sejak pemerintahan sebelumnya.
Penegasan Jokowi ini seiring maraknya pemberitaan di media sosial tentang isu utang pemerintah yang jumlahnya mencapai ribuan triliun Rupiah.
"Isu utang, saya dilantik itu utangnya sudah Rp 2.700 triliun, ya saya ngomong apa adanya. Bunganya setiap tahun Rp 250 triliun. Kalau empat tahun sudah tambah seribu. Ngerti ndak ini? Supaya ngerti, jangan dipikir saya utang segede itu, enak aja," kata Presiden Jokowi.
Apabila dibandingkan negara-negara lain, rasio utang terhadap PDB Indonesia masih kecil. Rasio utang terhadap PDB Indonesia, menurutnya, sekitar 29 persen. “Undang-Undang memungkinkan maksimal 60 persen. Yang penting, untuk sesuatu yang produktif, bisa mendatangkan income, memberikan daya saing, dan mengatasi ketimpangan antarwilayah,” ujar Presiden.
Berdasarkan data Kemenkeu, rasio utang terhadap PDB per Februari 2018 sebesar 29,24 persen. Rasio utang pemerintah tersebut jauh lebih rendah dari ambang batas sebagaimana yang ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003, bahwa total utang pemerintah terhadap PDB sebesar 60 persen.
Jika dibandingkan dengan negara yang setara dengan Indonesia (peer countries) seperti Vietnam (63,4 persen), Thailand (41,8 persen), Malaysia (52,7 persen), Brazil (81,2 persen), Nikaragua (35,1 persen) ataupun Irlandia (72,8 persen), Indonesia mempunyai total utang terhadap PDB yang kecil.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply