Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

Pembangunan Indonesia Sentris Visi Besar Pak Jokowi



Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, menegaskan, pembangunan Indonesia Sentris yang menjadi visi besar Presiden Joko Widodo adalah pembangunan dari Aceh hingga Papua. Visi Indonesia Sentris menekankan pada keadilan dalam pembangunan.
Menurutnya, pembangunan dari Aceh sampai Papua bukan hoaks. Jika ada yang mengatakan demikian berarti fitnah. Dalam pelaksanaannya, visi Indonesia Sentris terus diawasi dan dievaluasi langsung oleh Presiden Jokowi. Hal ini terlihat kasat mata dari rutinnya kegiatan rapat terbatas. Presiden terus meminta update dari berbagai program pembangunan.
Kepala Negara juga terus turun melihat langsung pelaksanaan pembangunan. Salah satunya bahkan sampai harus menggunakan motor trail untuk membuka jalan di wilayah pegunungan Papua.
"Itu disebut dengan Indonesia Sentris. Kenapa terlaksana? Karena kontrolnya ada di Jakarta," kata Ngabalin dalam diskusi yang diselenggarakan Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Jakarta, Rabu (6/6).
Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo menyatakan, visi Indonesia Sentris merupakan antitesis dari visi yang melihat bahwa pembangunan di Pulau Jawa saja. Indonesia Sentris sudah melalui kajian matang berdasarkan perhitungan dan angka-angka ekonomi. Dimana kontribusi daerah satu dengan daerah lainnya selama ini terbilang kecil berdasarkan angka statistik.
"Seperti diketahui dalam angka statistik, kontribusi daerah 58 persen. Paling ekstrim Maluku Utara kontribusinya 0,8 persen," jelas Eko.
Semakin kecil pembangunan daerah, lanjut dia, semakin kecil pula dampaknya bagi pembangunan pada suatu daerah. Hal tersebut bisa dilihat misalnya dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Presiden melalui visi besar Indonesia Sentris ingin hal tersebut tidak terjadi lagi pada pemerintahannya.
"Pemerintah ingin menyebarkan kue pembangunan ke daerah-daerah, supaya daerah lain menerima manfaat dari pembangunan. Supaya terjadi keadilan di seluruh Indonesia," tegasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengacungi jempol kinerja Presiden Jokowi dalam empat tahun terakhir. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok Presiden yang memahami rakyat karena membangun berbagai infrastruktur ke pelosok daerah.
"Memang terjadi suatu perubahan, alokasi, pembangunan dari ujung ke ujung, dan dengan berbagai penampilannya ini bahwa (Jokowi) Presiden untuk semua," kata dia.
Bara membandingkan pembangunan di era Jokowi dengan era sebelumnya. Dimana pada era sebelumnya ada kecenderungan pemerintah pusat kurang memperhatikan pembangunan di luar Pulau Jawa. Dia menyebut adanya ketimpangan pembangunan di luar Pulau Jawa pada era sebelumnya.
"Siapapun Presidennya teruskan, tapi tentu harus beri kredit pada Jokowi yang sudah bekerja keras. Yang sudah baik akan dilanjutkan, dan kami harapkan akan ada akselerasi," ucapnya.
Ketua Umum ABJ Michael Umbas menambahkan, apa yang telah ditorehkan Jokowi dalam empat tahun terakhir merupakan bukti nyata bahwa Presiden pro terhadap rakyat. Bukan hanya bagi kelompok atau daerah tertentu, melainkan seluruh rakyat Indonesia dari Pulau Rote sampai Miangas. Infrastruktur digenjot agar rakyat merasakan langsung manfaat dari pembangunan.
"Ini penting kami sampaikan, sebab belakangan banyak pihak yang menyampaikan informasi yang tidak benar dan menyesatkan mengenai Pemerintahan Jokowi. Padahal, Presiden telah dan akan terus bekerja mewujudkan Indonesia Sentris," tegasnya

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply