Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Pemerintah Di Era Jokowi Bangun 32 Pelabuhan Hingga 2019



Pembangunan infrastruktur Indonesia di era pemerintahan Jokowi berkembang sangat pesat mulai dari pembangunan pelabuhan hingga bandara, jalan di pulau terluar Indonesia.
Sampai dengan 2019 mendatang, pemerintah akan membangun 32 pelabuhan agar transportasi laut dari Sabang sampai Merauke lancar. Pembangunan pelabuhan dan tol laut perlu dilakukan mngingat Indonesia merupakan negara kepulauan.
Pembangunan dan pengembangan 32 pelabuhan tersebut dalam 2 tahap. Pertama, 25 pelabuhan di 2018. Kedua, 7 pelabuhan di 2019. Fokus pembangunan pelabuhan pada daerah yang infrastrukturnya dinilai kurang.
Empat bulan lalu juga Presiden Joko Widodo baru meresmian tiga pelabuhan sekaligus,di Maluku Utara, Pelabuhan Tapa-elo, pelabuhan Waya-Bula. Ini adalah langkah nyata dalam rangka memenuhi janji untuk memberikan akses ke daerah-daerah terdepan,terpencil dan terdalam selaras dengan program Presiden nawacita.
Dari 32 pembangunan pelabuhan yang direncanakan, salah satunya Pelabuhan Seget di Kabupaten Sorong, Papua. Rencanannya, pembangunan tersebut akan selesai pada 2021. Dana yang akan digunakan sekitar Rp 2,1 triliun.
Pemerintah juga berencana akan membangun Makassar New Port yang rencananya berkapasitas 720.000 teus per tahun. Selain itu, ada juga pengembangan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply