Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Presiden Namibia Apresiasi Swasembada Beras Indonesia

Presiden Namibia Apresiasi Swasembada Beras Indonesia


Kunjungan Presiden Namibia, Hage Gottfried Geingob, ke Indonesia merupakan momen peningkatan kerja sama infrastruktur hingga pertanian. Ini kunjungan pertama sejak Presiden Hage terpilih pada 2015.

Presiden Hage membawa beberapa delegasi termasuk Menteri Pertanian. Ia mengapresiasi kemampuan Indonesia dalam menjaga ketersediaan pangan untuk memenuhi konsumsi 260 jiwa rakyat. Sedangkan Namibia yang berpenduduk 2 juta jiwa masih melakukan impor dari negara lain.

Selain itu, Presiden Hage juga mengapresiasi Indonesia yang mampu swasembada pangan dan mengekspor jagung. Hage pun memuji sistem pengairan di Indonesia yang berjalan baik tanpa terpengaruh musim. Hal ini membuat Presiden Hage tertarik mengembangkan lahan kering di Indonesia.

Kedepannya ada beberapa kerjasama yang akan ditindaklanjuti khususnya di bidang petanian. "Kita juga membangun kerjasama ke depan, yaitu bagaimana merubah lahan kering itu menjadi produktif, bagaimana mengangkat planting indeksnya dari satu menjadi dua kali, dari dua menjadi tiga kali", ujar Amran.

Terkait bibit berkualitas, Menteri Amran akan menawarkan kepada Namibia untuk menggunakan bibit jagung dari Indonesia. Sebagai perbandingan, jagung di Namibia memiliki produktivitas di angka 3 - 4 ton per ha sedangkan di Indonesia mampu mencapai 10 ton per HA

"Jagung sudahmencapai 10 ton, dengan NASA (Nakula Sadewa), mekanisasi dan teknologi pertankan nanti kita juga sharing, kami bakal sinergikan dengan mereka segera", tutup Amran

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply