Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Info! Proyek Tol Palembang - Pekanbaru Akan di Bangun Mulai Tahun Depan

Proyek Tol Palembang - Pekanbaru Akan di Bangun Mulai Tahun Depan
PT Hutama Karya (Persero) menggarap proyek tol Trans Sumatera. Salah satunya adalah ruas Palembang-Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km).

Rencananya proyek tersebut akan dimulai tahun depan. Manajer Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya Hasan Turcahyo, menyebut jika jalan bebas hambatan tersebut dapat memangkas jarak lintas antara kedua provinsi sepanjang 147 Km dari jarak normal 447 Km atau butuh waktu 5,5 jam.
"Panjang jalan nasional Palembang ke Bengkulu itu 447 Km. Sementara untuk ruas tol dari Indralaya (Palembang) ke Bengkulu sendiri dibangun sepanjang 330 Kilometer tahun depan," kata Hasan, Rabu (17/10/2018).

Hasan menjelaskan tol Palembang-Bengkulu akan dibagi 3 seksi yaitu Indralaya-Muara Enim 88 Km, Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 Km dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 Km.
Tol Palembang-Bengkulu bakal melewati Bukit Barisan, dan untuk ruas yang melewati Bukit Barisan akan dilengkapi terowongan.

"Kalau untuk panjang terowongan belum diputus apakah 6,67 Km atau mengambil jarak terpendek 5,42 Km," kata Hasan.
Hingga saat ini, Hutama Karya sedang menyiapkan prakonstruksi, antara lain studi kelayakan, AMDAL, dan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT). Semua persiapan itu ditarget rampung pada awal Januari 2019 sebelum nanti tol mulai dikerjakan.

"Setelah semua tahapan itu selesai baru kami bisa melakukan penetapan lokasi. Termasuk pembebasan lahan dan mulai konstruksi," katanya.

Untuk penyelesaian proyek ini sendiri ditaksir menelan biaya sekitar Rp 33 triliun, dan ditarget pada tahun 2022 untuk dua ruas pertama. Sedangkan ruas terakhir selesai pada tahun 2027 mendatang.
Terkait pendanaan, kata Hasan, sejauh ini masih menggunakan skema awal yakni 70 persen penyertaan modal dari negara. Sementara sisanya 30 persen menggunakan pendanaan luar, seperti obligasi atau pinjaman perbankan.

Sebagai imformasi, pemerintah menugaskan PT Hutama Karya menggarap jalan tol Trans Sumatera. Tol nantinya menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.704 Km yang terdiri dari 24 ruas jalan tol.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply