Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

KEMENTAN Beberkan Alasan Produksi Beras Berlimpah Tahun Ini

KEMENTAN Beberkan Alasan Produksi Beras Berlimpah Tahun Ini

Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan hasil panen beras tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Hal itu akan membuat pasokan beras tahun ini bakal surplus atau melampaui konsumsinya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Sumardjo Gatot Irianto mengungkapkan selama periode Oktober 2017 - Agustus 2018, luas tanam padi meningkat 945 ribu hektar (ha) dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan asumsi panen terjadi pada 900 ribu ha lahan dengan rata-rata produktivitas 5,2 ton per ha, maka tambahan pasokan selama 11 bulan terakhir sekitar 4,68 juta ton.

"Artinya, kinerja tahun ini justru optimal," ujar pria yang akrab disapa Gatot.


Gatot menjelaskan padi tidak hanya bisa ditanam di lahan yang tergenang air, tetapi juga bisa di lahan basah. Dengan demikian, penanaman padi bisa langsung dilakukan usai masa panen, di saat lahan sawah masih basah.

"Makanya kita mengenal padi gogo. Kalau dulu padi gogo ditanam di lahan kering saja sekarang padi gogo ditanam di lahan sawah yang masih basah," ujarnya.

Selain itu, penanaman padi juga bisa dilakukan di lahan rawa yang mengering saat musim kemarau sehingga hasil panen tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Jadi, menurut hemat kami, posisi (produksi beras) sangat aman. Ini kami mutar terus, bukan katanya-katanya," tegasnya.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply