Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

News!! Jokowi Gratiskan Jembatan Suramadu

Jokowi Gratiskan Jembatan Suramadu
Presiden Joko Widodo resmi membebaskan tarif Tol Jembatan Suramadu hari ini Sabtu (27/10). Kebijakan pembebasan guna meningkatkan perekonomian Madura yang selama ini tidak terlalu signifikan.

"Kami harapkan dengan menjadi jembatan non-tol biasa, kami berharap pertumbuhan ekonomi Madura baik investasi mendatang semakin banyak, properti, turisme berkembang di Surabaya," kata Jokowi di Jembatan Suramadu. "Pada hari ini saya memutuskan Jalan Tol Suramadu jadi Jembatan non-tol biasa," tuturnya. 

Menariknya, pengumuman ini disampaikan Jokowi di atas mobil truk yang terletak sekitar 3,5 kilometer dari pintu tol. Ia meresmikan pembebasan biaya didampingi para ulama, kiai, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, serta seluruh bupati se-Madura.

Sebelumnya, tarif Jembatan Tol Suramadu disebut kemahalan. Pendapat tersebut datang dari para tokoh masyarakat yang disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan istri mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah.

"Beliau-beliau memberikan masukan mengenai keluhan mahalnya tarif jembatan di Suramadu. Dulu sebetulnya dari Rp 30 ribu sudah dipotong Rp 15 ribu yang sepeda motor dibebaskan. Tapi memang dampak terhadap ekonomi belum kelihatan. Beliau-beliau mengusulkan agar ditinjau kembali," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Jembatan Tol Suramadu menjadi satu-satunya penghubung jalur darat Surabaya dan Madura yang sebelumnya hanya tersedia di jalur laut. Jembatan tol Suramadu sempat diturunkan tarifnya dan tarif untuk kendaraan sepeda motor sudah dibebaskan.

Pada awal jembatan ini dibuka dan dikomersialkan, tarifnya yang mencapai Rp 30 ribu untuk kendaraan golongan I membuat jembatan ini menjadi jalan bebas hambatan dengan tarif termahal di Indonesia.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply