Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Sri Mulyani: "Defisit APBN Mengecil Selama 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi"

Sri Mulyani: "Defisit APBN Mengecil Selama 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi"
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, empat tahun pemerintahan Jokowi-JK kondisi defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) semakin kecil. Defisit APBN terus membaik sejak 2014.

Pada 2014 defisit APBN sebesar 2,3 persen terhadap PDB, saat ini 2,1 persen dan di 2019 ditargetkan berada pada angka 1,8 persen terhadap PDB.

"Defisit APBN setiap tahun menurun dari tahun 2014, di mana saat itu kondisi harga komoditas drop, sehingga perekonomian mendapat tekanan. Waktu itu defisit APBN 2,3 persen terhadap PDB dan sekarang menuju 2,1 persen tahun 2018," ujarnya di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10).

"Bahkan, kami outlook untuk 2018 bisa mendekati 2 persen. Tahun 2019, untuk pertama kalinya, akan didesain di bawah 2 persen, yakni 1,8 persen," sambungnya.

Selain itu, defisit keseimbangan primer juga diturunkan mendekati Rp 0 di tahun depan. Tren penurunan defisit keseimbangan primer terjadi sejak 2014 dari Rp 93,3 triliun atau 0,92% terhadap PDB menjadi Rp 64,8 triliun atau 0,44% terhadap PDB tahun ini.

Waktu saya kembali menjadi Menteri Keuangan, saya yang mengingatkan keseimbangan primer kita perlu untuk dikoreksi. Sekarang saya dianggap sebagai orang yang tidak memelihara (keuangan negara). Aneh, politik itu, katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, APBN sehat karena penerimaan perpajakan meningkat. Dari kontribusi, 74 persen dari total pendapatan negara 2014 dari sektor perpajakan. Tahun 2018 meningkat jadi 81 persen. APBN makin mengandalkan penerimaan perpajakan, sehingga kontribusi dari penerimaan perpajakan menyebabkan defisit turun.

"Dengan penerimaan perpajakan makin baik, defisit makin turun dan pembiayaan utang semakin menurun. Pembiayaan utang kita tahun 2018, growth-nya negatif 9,7 persen, berarti kontraksi atau makin kecil. Dibanding tahun 2014 yang growth pembiayaan utangnya 14,5 persen. Jadi, sudah mulai menurun," jelas Sri Mulyani. 

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply