Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Menteri ESDM Minta PLN Bangun Sistem Kelistrikan Sumatera Sama Dengan di Jawa

Menteri ESDM Minta PLN Bangun Sistem Kelistrikan Sumatera Sama Dengan di Jawa
Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta kepada PLN untuk membangun sistem kelistrikan di Pulau Sumatera seperti di Pulau Jawa yang saling terhubung (interkoneksi).

Interkoneksi maksudnya antara beberapa pembangkit dengan pembangkit lain dan beberapa gardu induk (GI) dengan GI yang lain melalui sebuah saluran transmisi. Hal tersebut merupakan salah satu dari empat target kelistrikan yang harus dicapai oleh PLN.

"Saya sudah bilang kepada PLN, transmisi untuk Pulau Sumatera itu harus seperti Jawa-Bali. Jawa-Bali ini jadi satu jaringannya transmisi dan distribusinya, konektivitas jaringannya jadi satu," kata Jonan, mengutip situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Jumat (2/11/2018)‎.

‎Jonan menungkapkan, sistem kelistrikan Jawa-Bali saat ini sudah terhubung dalam satu jaringan interkoneksi, antara pembangkit satu dengan pembangkit yang lain dan gardu induk yang satu dengan yang lain.

Hal ini membuat penyaluran tenaga listrik dapat berlangsung terus-menerus. Sebab, jika salah satu pembangkit mengalami kerusakan, maka penyaluran tenaga listrik dapat dialihkan ke pusat pembangkit lainnya.

"Sumatera harus jadi satu, sekarang yang sudah selesai yang 70 Kilovolt (Kv), 150 Kv sudah dan tahun depan harus sudah diselesaikan jaringan yang 270 Kv untuk menampung produksi listrik dari kapasitas pembangkit yang melebih 600 MW satu pembangkit, mestinya bisa selesailah," tambah Jonan.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply