Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

MRT Jakarta Dilengkapi Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

MRT Jakarta Dilengkapi Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas
MRT Jakarta dirintis sejak 1985, dan mulai dibangun di era Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Selain dapat digunakan masyarakat umum, MRT Jakarta dipastikan ramah terhadap penyandang disabilitas. Hal tersebut dipastikan oleh Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah. 

"MRT itu moda transportasi ramah disabilita. Mulai dari trotoar akan menggunakan blok taktil yang dapat membantu para penyandang disabilitas berjalan di atas trotoar dengan nyaman,” ucap Hikmat di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (16/11/2018). 

Stasiun MRT juga difasilitasi lift dan huruf braile untuk mempermudah para penyandang disabilitas naik moda transportasi massal tersebut.

"Lift atau elevator yang kami buat jalurnya bidang miring sehingga para penyandang disabilitas ini bisa langsung masuk ke peron dan beli tiket pada pintu khusus yang kami siapkan," ujarnya.  

Pihaknya juga membuat ruangan khusus untuk para penyandang disabilitas pengguna kursi roda.

"(Gerbong) kereta MRT ketiga dan keempat kami siapkan khusus untuk teman-teman yang menggunakan kursi roda. Ada space yang kami siapkan memang kosong," kata dia. 

Pihaknya juga membangun toilet khusus penyandang disabilitas seperti di pusat perbelanjaan. Lantai MRT dibangun setingkat dengan lantai peron.

"Jadi dari lift, pas kita belok kiri langsung masuk kereta tiga atau empat. Celah peronnya tidak besar dan sangat tipis," ujar Hikmat. 


Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply