Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

Kerja Nyata Pemerintah Jaga Stabilitas Produksi Beras



Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman optimistis kebijakan optimalisasi lahan rawa lebak dan pasang surut menjadi lahan produktif akan menyejahterakan masyarakat Kalimantan Selatan. Selama ini, lahan yang banyak terdapat di Kalimantan itu, tak tergarap maksimal sehingga perlu diberdayakan sebagai sumber penghasilan bagi para petani.

Amran mengungkapkan Kementerian Pertanian telah mencanangkan optimalisasi satu juta hektare lahan rawa lebak dan pasang-surut di 9 provinsi, yakni Riau, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Jambi, Papua, serta Kalimantan Tengah.

“Khusus untuk Kalimantan Selatan, optimalisasi lahan seluas 67 ribu hektare. Untuk pengerjaannya, Kementan menyerahkan bantuan 40 unit eksavator berbobot 20 ton, di mana setiap alat berat seharga Rp 2 miliar,” papar doktor pertanian jebolan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Selain itu, masih menurut dia, Kementan juga akan mendistribusikan mesin pompa yang mampu mengaliri lahan seluas 200 hektare, selain pupuk dan benih. “Sedangkan kebutuhan lainnya, dibebankan ke Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,” tegas Amran.

Ia mengkalkulasi biaya optimalisasi lahan rawa lebak berkisar Rp 3 juta per hektare dan Rp 4 juta per hektare untuk pasang-surut. Dengan strategi itu, Amran mengklaim telah mampu menghemat anggaran. “Dulu, anggaran mencetak sawah di lahan rawa lebak berkisar Rp16 juta hingga Rp 20 juta per hektare,” ucapnya.

Tak hanya itu, Amran juga menyebut kementeriannya juga mencanangkan cetak sawah di atas tanah yang menganggur untuk menggenjot luas tambah tanam (LTT) dengan biaya sekira Rp 16 juta per hektare.

Dia pun menaksir jika optimalisasi lahan rawa lebak ini berhasil, akan mendatangkan pundi-pundi pendapatan mencapai Rp 60 triliun per tahun untuk seluruh Indonesia. Dasar perhitungannya, indeks pertanaman mencapai tiga kali dalam setahun (IP-3) pada satu juta hektare lahan tersebut.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply