Pembangunan

Program

Ekonomi

Berita

You are here

Presiden Beri Sambungan Listrik Gratis ke 309 Rumah di Muara Gembong

Presiden Beri Sambungan Listrik Gratis ke 309 Rumah di Muara Gembong
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan program penyambungan listrik gratis kepada warga tidak mampu di Jawa Barat. Kali ini lokasinya di Muara Gembong, Bekasi. Sambungan listrik gratis ini merupakan sinergi BUMN sebagai upaya membantu masyarakat.

Pada hari ini, penyambungan listrik gratis diberikan bagi 309 rumah milik keluarga yang tidak mampu. "Sekarang sudah punya listrik sendirinya bu, tidak numpang lagi, jadi lebih hemat bayar listrik sekarang," ujar Jokowi kepada warga di Bekasi, Rabu (30/1/2019)

Saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen. Hanya saja, PLN mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (nyantol/levering) lantara mereka tidak mampu menanggung biaya penyambungan dan instalasi listrik sebesar Rp 1 juta.

Program ini merupakan program nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa Barat tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

“Kenyataannya memang masih ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN. Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah, dan bisa lebih menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya," tambah Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, sebanyak 100.970 rumah tangga di Jawa Barat telah menikmati sambungan listrik gratis. Program tersebut dibiayai 34 Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jokowi mengatakan, program penyambungan listrik gratis bagi masyarakat miskin dan rentan yang dimulai sejak 2018 terus ber‎jalan. Tercatat hingga akhir 2018, pemerintah telah memberikan 100.970 sambungan listrik gratis bagi warga Jawa Barat.

"Tadi di Jawa Barat 100.970 sudah rampung," kata Jokowi, usai meresmikan penyambungan listrik gratis, di Kampung Pasarkolot Desa Cibatu Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

Dia menuturkan, penyambungan listrik gratis disponsori 34 BUMN, dengan menyasar 235.756 rumah tangga miskin dan rentan miskindi Jawa Barat sesuai data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)."Hingga saat ini proses penyambungan listrik gratis masih terus dilakukan" Ungkap Jokowi.

Pada tahap awal, penyambungan listrik gratis ini dilakukan di 8 Kabupaten Kota dengan sasaran sebanyak 130.248 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

Jokowi - FAQ

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply